Apa Itu Konsumsi Kolaboratif Dalam Dunia Bisnis ?

jasaimportmurah.com – Apakah Anda membutuhkan seseorang untuk memeriksa tautan di situs web Anda atau ingin barang curian keren dengan logo Anda di atasnya? Mungkin Anda bepergian untuk menghadiri konferensi dan membutuhkan tempat tinggal. Kemungkinan ada seseorang yang dapat membantu Anda, tanpa Anda harus mempekerjakan karyawan atau membayar hotel yang mahal.Anda tidak hanya dapat menemukan alat dan layanan yang terjangkau untuk membantu bisnis rumahan Anda, tetapi juga, Anda dapat menghasilkan uang dengan menawarkan alat dan layanan Anda.Internet telah menyebabkan terciptanya sistem dan istilah baru dalam dunia bisnis. Ini termasuk “konsumsi kolaboratif”, “ekonomi berbagi”, “outsourcing”, dan “crowdsourcing” yang sering digunakan secara bergantian.

Apa itu Konsumsi Kolaboratif?
Definisi konsumsi kolaboratif yang diberikan oleh Fast Company adalah, “Penemuan kembali perilaku pasar tradisional ,menyewa, meminjamkan, menukar, berbagi, barter, pemberian hadiah melalui teknologi .Fast Company membedakan “konsumsi kolaboratif” dari “ekonomi kolaboratif, “Yang merupakan sistem jaringan dan pasar yang membantu mencocokkan orang dengan apa yang mereka butuhkan dengan orang yang memilikinya. Intinya, begitulah cara individu dapat menggunakan berbagai platform berbagi untuk menjual, membeli, dan menyewakan barang dan layanan.

Ide konsumsi kolaboratif bukanlah hal baru. Orang-orang telah menyewakan kamar di rumah mereka (kost) atau memberikan keterampilan lepas di masa lalu. Yang berbeda sekarang adalah Internet telah memperluas pasar dan mempermudah orang yang membutuhkan sesuatu untuk menemukan seseorang yang memilikinya.

Bagaimana Menghemat Uang di Bisnis Rumah Anda Dengan Konsumsi Kolaboratif?
Salah satu tantangan terbesar bagi pemilik bisnis rumahan adalah keharusan memakai semua topi saat memulai dan mengembangkan bisnis. Anda tidak hanya menyediakan layanan atau membuat produk, tetapi juga, Anda adalah departemen pemasaran / PR, departemen akuntansi, dan layanan pelanggan. Di atas semua itu adalah pembuatan dan pengelolaan situs web, pengembangan merek Anda melalui alat-alat seperti logo, desain grafis untuk produk Anda, dan banyak lagi. Meskipun Anda mungkin mampu melakukan semua hal ini, kemungkinan Anda tidak hebat dalam beberapa hal.Plus, Anda hanya punya banyak waktu dalam sehari. Di situlah outsourcing dapat membantu.Dulu, mendapatkan bantuan untuk aspek yang lebih menantang dari bisnis Anda memerlukan menyewa perusahaan yang mungkin mahal. Saat ini, melalui ekonomi berbagi, Anda dapat menemukan seseorang yang memiliki keterampilan dan akan menjualnya kepada Anda dengan harga terjangkau.Berikut adalah daftar jenis barang yang dapat Anda beli atau sewa, dan layanan yang dapat Anda peroleh untuk membantu dalam bisnis rumahan Anda:

Sumber daya bermerek dan bantuan bisnis lainnya
Butuh logo? Bagaimana dengan laporan profesional? Video intro? Hampir semua yang Anda butuhkan untuk memberi merek pada bisnis Anda dan membuatnya terlihat profesional bisa Anda dapatkan di Fiverr. Di Fiverr Anda dapat menemukan penulis, desainer grafis, pencipta dan editor audio dan video, musisi (membuat jingle) dan banyak lagi.

Barang Swag dan Alat Bermerek
Butuh penanda untuk rilis buku baru Anda? Bagaimana dengan anting dengan logo Anda? Di Etsy, ada banyak sekali orang kreatif yang akan membuat item yang disesuaikan dengan logo bisnis Anda yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran dan barang curian.

Dukungan Virtual
Jika Anda belum siap untuk menyewa asisten virtual, Anda masih bisa menyelesaikan tugas bisnis melalui situs crowdsourcing seperti TaskRabbit dan Mechanical Turk. Mereka memiliki orang-orang yang siap untuk meneliti, mengedit, melakukan entri data, dan banyak lagi. Task Rabbit bahkan memiliki orang-orang yang akan membersihkan rumah atau menjalankan tugas.

Crowdfunding
Jenis pinjaman peer-to-peer di mana banyak orang berkontribusi pada bisnis Anda, dan biasanya mendapatkan beberapa keuntungan khusus untuk melakukannya ketika proyek Anda selesai. Tempat untuk memeriksa termasuk Kickstarter dan Indiegogo.

Sewa kamar
Jika Anda bepergian, Anda dapat menyewa kamar di rumah, bukan di hotel. Airbnb adalah sumber daya paling terkenal untuk ini.

Penyewaan mobil / layanan mengemudi
Anda pasti bisa menggunakan rute tradisional untuk layanan ini, tetapi Anda juga bisa mendapatkannya dari perorangan. Anda dapat menyewa mobil dengan GetAround atau mendapatkan sopir melalui Uber atau Lyft.

Ruang Rekan Kerja
Jika Anda bosan dengan kantor di rumah, ruang kerja bersama memungkinkan Anda menyewa ruang untuk waktu yang singkat (jam).

Item yang digunakan dengan hati-hati
Banyak alat dan perlengkapan yang dapat dibeli dengan harga terjangkau, atau bahkan disewa jika Anda tidak membutuhkannya secara berkelanjutan. Misalnya, Anda dapat membeli kamera bekas untuk blog video di eBay atau menyewa kamera untuk promosi video satu kali di Kitsplit.

Cara Menghasilkan Uang dalam Ekonomi Kolaboratif
Semua item dan layanan serta yang tercantum di atas adalah bagian dari ekonomi berbagi karena ditawarkan oleh individu lain, bukan oleh perusahaan besar. Kemungkinan Anda memiliki keterampilan dan aset yang dapat Anda bagikan dengan orang lain yang dapat Anda ubah menjadi penghasilan.Apakah Anda memiliki kamar, mobil, tempat parkir, atau mesin pemotong rumput yang tidak digunakan sepanjang waktu? Anda bisa menyewakannya.Apakah Anda pandai dalam suatu hal Apakah keterampilan yang orang lain bersedia bayar, apakah itu keterampilan bisnis-ke-bisnis (yaitu menyiapkan Quickbooks), atau konsumen-ke-bisnis, seperti berkebun atau berjalan-jalan bersama anjing? Anda bisa menjualnya.Anda dapat menggunakan platform konsumsi kolaboratif untuk mencantumkan layanan atau item Anda, serta menelusuri orang yang telah mengindikasikan bahwa mereka membutuhkan layanan atau item.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *